Minggu, 23 Desember 2012

Keperluan Listrik Meningkat

POSMERANTI. SELAT PANJANG(DP)-PERTUMBUHAN pasokan listrik di Kabupaten Kepulauan Meranti dari tahun ke tahun terus meningkat, bila dirata-ratakan, pertumbuhan kebutuhannya mencapai angka 12 persen pertahun. Kondisi tersebut mendorong perhatian serius dari Pemerintah Daerah.

Demikian diungkapkan Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan Nasir MSi, dalam pidatonya pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD sempena Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Meranti Ke-4, baru-baru ini di Aula RSUD Selatpanjang. Dikatakannya, pertumbuhan kebutuhan Listrik rata-rata 12 persen per tahun itu dihitung dengan Rasio Elektrifikasi 23 persen, dimana hanya 24.842 Rumah Tangga (RT) yang dialiri listrik dari 106.232 RT yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti pada tahun 2011.

“Rasio Elektrifikasi ini berada dibawah Rasio Elektrifikasi Provinsi Riau sebesar 43,82 persen dan jauh dibawah rata-rata Nasional yaitu sekitar 66 persen. Untuk mengatasi keterbatasan pasokan Listrik ini pemerintah daerah telah melakukan penambahan mesin-mesin diesel, terutama pada desa-desa yang belum dialiri oleh listrik PLN yang akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” ungkapnya.

Dilanjutkannya, pada tahun anggaran 2011 lalu telah dibangun 10 unit pembangkit listrik di 10 desa dan pada tahun 2012 ditambah lagi 10 unit untuk 10 desa sehingga total sudah dibangun 20 listrik tenaga diesel di 20 Desa yang ada di Kepulauan Meranti.
“Selain itu, Alhamdulillah pada tahun ini di Telukbelitung sudah hadir Pembangkit Listrik Tenaga Gas sehingga masyarakat bisa menikmati listrik selama 24 jam. Ke depan akan terus ditingkatkan jaringan listriknya sehingga seluruh Pulau Padang bisa menikmati listrik selama 24 jam. Upaya peningkatan elektrifikasi ini juga akan kita lakukan di Pulau Rangsang,” kata Bupati Irwan.(uzi) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar