Minggu, 23 Desember 2012

Prioritaskan Mutu Lulusan


POSMERANTI.SELATPANJANG (DP)- Sebagai daerah pemekaran baru, sektor pendidikan menjadi salah satu titik berat dalam membangun daerah yang masih memiliki sumber daya manusia (SDM) terbatas. Hal inilah yang saat ini terus menjadi perhatian pemerintah daerah agar tenaga pendidik meningkatkan mutu lulusan dijenjang pendidikan dasar dan menengah.

‘’ Salah satu terobosan yang monumental dalam bidang pendidikan nonformal dengan dibangunnya Pusat Pendidikan dan Pelatihan bagi Komunitas Adat Terpencil sebagai salah satu pilot project pengembangan KAT di Provinsi Riau yang saat ini sedang diusahakan,’’ sebut Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, baru-baru ini.
Menurut Bupati, pembangunan di bidang pendidikan dititikberatkan pada peningkatan kualitas pendidikan masyarakat. Dimana, ianya beorientasi pada ketersediaan dan keterjangkauan mutu dan relevansi serta tata kelola dan pencitraan pendidikan serta menyediakan fasilitas pendidikan formal dan non formal.

Beberapa pencapaian lainnya, tutur Bupati Irwan, dalam bidang pendidikan diantaranya, meningkatkan kemampuan SDM pendidik dan tenaga Kependidikan dalam rangka meningkatkan mutu Lulusan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Kemudian, dilaksanakannya rehabilitasi pada sekolah yang rusak berat dan penambahan Ruang Kelas Baru (RKB) pada sekolah yang kemampuan tampungnya rendah dalam rangka meningkatkan rata-rata tamat sekolah (Mean Year Schooling).

‘’ Selanjutnya Pemberian bantuan kepada siswa dalam bentuk bantuan siswa berprestasi terutama pada masyarakat yang kurang mampu. Bahkan kita juga memberikan bea siswa kepada masyarakat Meranti yang berprestasi pada bidang tertentu yang saat ini menjadi kebutuhan idaerah ini. Sehingga nantinya bisa mengisi kekosongan SDM yang dibutuhkan dalam rangka pembangunan Kepulauan Meranti,’’ jelas Irwan.

Menurutnya, untuk meningkatkan sektor pendidikan Pemkab Meranti tidak bisa sendirian. Dibutuhkan upaya bersama, termasuk seluruh element masyarakat diKepulauan Meranti. Dengan begitu maka nantinya SDM di Kabupaten muda itu bisa bersaing dan turut membantu Pembangunan yang dibutuhkan disegala sektor.

‘’ Dalam membangun daerah SDM menjadi salah satu komponen dasar yang harus terpenuhi. Apalagi SDM yang memang berasal dari daerah itu sendiri. Sehingga pembangunan yang dilakukan bisa lebih efektif. Sebab emosional SDM tempatan lebih baik dan bertanggung jawab dari SDM yang emmang didatangkan dari luar daerah,’’ kata Bupati Irwan.(uzi) 

SUMBER: DUMAIPOS.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar