Kamis, 22 November 2012

Jadwal Matchday Kelima Europa League Malam Ini

SUMBER : OKEZONE.COM
SELATPANJANG_NEWS : JAKARTA – Sebanyak 23 laga bakal digelar Jumat (23/11/2012) dini hari nanti dalam matchday kelima Europa League. Satu laga lagi dipastikan ditunda akibat perang, yaitu antara wakil Israel, Ironi Kiryat Shmona dengan runner-up musim lalu, Athletic Bilbao.

Meski ada beberapa tim yang sudah merebut tiket ke babak selanjutnya, namun tak menghilangkan daya tarik matchday kelima ini. Pasalnya beberapa partai masih terbilang cukup penting untuk dilakoni para kontestan di kompetisi kedua terbaik Eropa.

Grup A menjadi grup yang tergolong cukup sulit untuk menebak siapa yang bakal berpeluang lolos ke babak 32 besar. Pasalnya keempat tim masih sama-sama berpeluang karena memiliki perbedaan poin yang cukup ketat.

Wakil dari Italia, Udinese menjadi tim juru kunci di grup ini. Namun, klub berjuluk Il Zebrette itu masih memiliki peluang lolos meski berat, karena hanya tertinggal tiga poin dari pemucak klasemen sementara, Anzhi Makhachkala.

Kebetulan kedua tim bakal adu kuat dini hari nanti di Stadion Lokomotiv, Moskow. Bertandang ke markas Anzhi, Udinese tampaknya bakal kesulitan meraih tiga poin, karena pasukan Francseco Guidolin ini memiliki performa labil. Apalagi jika menilik pada pertemuan pertama, Udinese ditahan imbang 1-1 oleh tim arahan Guus Hiddink ini.

Dari pertarungan dua klub di atas, tentu yang akan diuntungkan adalah Liverpool. Sebab The Redshanya menjamu utusan dari Swiss, Young Boys di Stadion Anfield. Meski kedua tim memiliki nilai sama, namun ini merupakan momen penting bagi Luis Suarez cs untuk memastikan diri lolos ke babak selanjutnya. Selain itu, pertemuan pertama di Bern, menjadi pembuktian bahwa Liverpool bakal mengemas poin penuh di kandang sendiri.

Di grup B, ada sang juara bertahan Atletico Madrid, yang seharusnya sudah lolos sejak matchdaykeempat lalu. Namun, tiga kali kemenangan beruntun yang diraih Los Rojiblancos ternoda setelah dikalahkan wakil Portugal, Academica.

Alhasil, pasukan Diego Simeone harus bekerja keras hingga matchday kelima agar bisa melanjutkan upaya mereka mempertahankan gelar yang musim lalu didapatkan. Laga melawan Hapoel Tel Aviv dini hari nanti, akan menjawab nasib sang jawara Europa League ini.

Jika tidak, maka Academica yang akan menjamu wakil dari Rep.Ceska, Victoria Plezen bakal menghidupkan kembali peluang mereka untuk lolos, jika bisa meraih kemenangan dini hari nanti.

Matchday kelima bakal menjadi waktu yang tepat bagi wakil Inggris, Newcastle United untuk memastikan diri tampil pada 32 besar nanti. Pasalnya anak-anak asuhan Alan Pardew ini hanya akan menjamu wakil Portugal, Maritimo yang merupakan penghuni dasar klasemen grup D. Jika tidak, Bordeaux yang berada di peringkat kedua akan menikung untuk mengukuhkan diri sebagai wakil pertama di Grup D ini, meski wakil Prancis ini harus meladeni wakil Belgia, Club Brugge.

Di grup F juga belum menemukan siapa wakil yang bakal lolos ke babak berikutnya, keempat kontestan masih memiliki peluang yang sama. Wakil Ukraina, Dnipro Dnipropetrovsk menjadi tim yang memiliki peluang paling besar untuk lolos.

Selain sebagai pemimpin klasemen, tim asuhan Juande Ramos ini juga bakal mencuri poin meski bermain di Phillip Stadium, markas PSV Eindhoven, sekaligus memastikan diri ke babak selanjutnya.

Sementara wakil Italia, Napoli yang saat ini bermukim di posisi kedua klasemen, bakal melawat ke markas AIK, wakil dari Swedia. Mengemas hasil sempurna merupakan hasil wajib, jika ingin terus melanjutkan petualangan mereka di Europa League. Jika tidak, Edinson Cavani cs bakal membuka peluang utusan dari Swedia tersebut untuk bersaing pada laga keenam nanti.

Melompat ke grup H, meski sudah sama-sama lolos, namun Inter Milan bakal tetap memandang serius saat bertanding ke markas Rubin Kazan. Kedua tim memiliki poin sama, namun La Baneamata betindak sebagai pemuncak klasemen, karena memiliki agregat gol lebih baik. Untuk itu partai yang berlangsung di Central'nyj stadion akan menjadi penentu siapa yang akan menjadi juara grup.

Sedangkan di grup J akan terjadi duel seru antara Lazio dengan Tottenham Hotspur di Stadion Olimpico. Lazio menjadi unggulan pada laga ini, sebab selain karena faktor tuan rumah, I Biancocelestijuga merupakan pemimpin klasemen.

Rentetan hasil positif dalam tiga pertandingan terakhir juga menjadi modal penting bagi Lazio kala menjamu Spurs. Berbeda dengan nasib yang dialami The Lilywhites, dalam lima pertandingan terakhir di berbagai ajang, pasukan Andre Villas-Boas ini hanya sekali meraih kemenangan, sisanya, mereka gagal meraih poin satu pun.

Tapi bisa jadi laga ini menjadi momen pas untuk Spurs untuk bangkit dalam keterpurukan. Apalagi kemenangan jadi harga mati, jika Villas-Boas ingin membawa Spurs meraih tiket. Pasalnya, dua tim di bawah mereka, Maribor dari Slovenia dan Panathinaikos juga berduel untuk menghidupkan kembali napas mereka di ajang ini.


Berikut jadwal lengkap Europa League Jumat (23/11/2012) dini hari WIB:
Grup A:
Liverpool 03 : 05 Young Boys
Anzhi Makhachkala 00 : 00 Udinese

Grup B:
Académica 03 : 05 Viktoria Plze?
Atlético Madrid 03 : 05 Hapoel Tel Aviv (Live SCTV)

Grup C:
Olympique Marseille 03 : 05 Fenerbahçe
Borussia M'gladbach 03 : 05 AEL

Grup D:
Newcastle United 03 : 05 Marítimo
Club Brugge 03 : 05 Bordeaux

Grup E:
Molde 03 : 05 København
Steaua Bucure?ti 03 : 05 Stuttgart

Grup F:
PSV 03 : 05 Dnipro Dniprop
AIK 03 : 05 Napoli

Grup G:
Videoton 01 : 00 Genk
Basel 01 : 00 Sporting CP

Grup H:
Neftci 00 : 00 Partizan
Rubin Kazan 00 : 00 Internazionale

Grup I:
Sparta Praha 01 : 00 Olympique Lyonnais
Ironi Kiryat Shmona (Ditunda) Athletic Bilbao

Grup J:
Lazio 01 : 00 Tottenham Hotspur (Live SCTV)
Panathinaikos 01 : 00 Maribor

Grup K:
Metalist 01 : 00 Bayer Leverkusen
Rosenborg 01 : 00 Rapid Wien

Grup L:
Helsingborg 01 : 00 Levante
Hannover 96 01 : 00 Twente

Klasemen Sementara:
Grup A: Anzhi (7 poin), Liverpool (6), Young Boys (6), Udinese (4)
Grup B: Atletico Madrid (9), Viktoria Plzen (9), Academica (4), Hapoel Tel Aviv (1)
Grup C: Fenerbache (10), Munchengladbach (5), Marseille (5), AEL (1)
Grup D: Newcastle (8), Bordeaux (7), Club Brugge (4), Maritimo (2)
Grup E: Steaua Bucurseti (10), Stuttgart (5), Kobenhavn (4), Molde (3)
Grup F: Dnipro (9), Napoli (6), AIK (4), PSV (4)
Grup G: Genk (80, Videoton (6), Basel (5), Sporting CP (2)
Grup H: Inter Milan (10) Rubin Kazan (10), Neftci (1), Partizan (1)
Grup I: Lyon (12), Sparta Praha (7), Ironi (2) Athletic Bilbao (1)
Grup J: Lazio (8), Spurs (6), Maribor (4), Panathinaikos (2)
Grup K:Leverkusen (10), Metalist (10), Rosenborg (3), Ravid Wien (0)
Grup L: Hannover (10), Levante (7), Twente (3), Helsinborg (1)
(fir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar